Ishak Basir Dorong Futsal Bisa Gapai Sulteng Emas PON XXI-2024

Ketua Pokja Sulteng Emas Ishak Basir, mengatakan Provinsi Sulteng sebagai tuan rumah Babak Kualifikasi PON Futsal adalah sejarah untuk Sulteng sebab pertama kali jadi tuan rumah pra PON Futsal. Hal ini kata dia, merupakan bentuk semangat berbagai stakeholder untuk mengurus olahraga.

“Tidak gampang Sulteng jadi tuan rumah, tentu daerah lain juga melakukan lobi-lobi yang sama. Tetapi alhamdulillah, saya dengan ketua futsal dengan beberapa hal yang kami penuhi Sulteng bisa jadi tuan rumah pra PON Futsal,” kata Ishak Basir saat menyampaikan sambutan pada Pembukaan BK PON Futsal di Gelora Bumi Kaktus Palu, Rabu (25/10/2023).

Pra PON Futsal menandakan babak baru olahraga Sulteng yang mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun KONI. Dengan semangat yang ada, Ishak Basir mengharapkan tim Futsal Sulteng berjuang bersama-sama Pokja Sulteng Emas berkontribusi bisa memberikan medali di PON 2024.

Saat ini Pokja Sulteng Emas menangani atlet cabor unggulan yang ditargetkan meraih 10 hingga 15 keping medali emas. Cabor yang baru masuk diantaranya balap sepeda dan esport. Total lima cabor yang menjadi bagian Sulteng Emas yaitu renang, dayung, tenis meja dan dua cabor yang baru bergabung.

“Kita memastikan PON 2024 nanti, 10 sampai 15 medali emas bisa kita raih. Ayo kita wujudkan Cita-cita Gubernur Sulteng Emas PON 2024.” Kata Ishak Basir.

Pembukaan futsal ditandai dengan tendangan pertama oleh Gubernur Rusdy Mastura. Turut hadir pada pembukaan Ketua Afp Sulteng, Samsudin, Ketua KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu, Sekum KONI Sulteng Husin Alwi, Wadiresnarkoba Polda Sulteng Akbp P Sembiring, serta stakholder terkait.

Rusdi Mastura, menyambut baik pra PON futsal yang untuk pertama kalinya digelar di Sulteng. Ia berharap, ajang ini dapat mengembangkan aktivitas keolahragaan sekaligus menjaring bibit atlet profesional.

“Mari kita jadikan BK PON pembinaan mentalitas anak-anak muda yang sportivitas bebas dari narkoba. Jika gagal jangan berkecil hati. Karena pada dasarnya olahraga mengajarkan kita bangkit dari kekalahan,” ucap Cudi sapaanya.

M Nizar Rahmatu pada kesempatan yang sama mengungkapkan, AFP Sutleng telah menunjukan kualitasnya dimana sebelumnya telah membawa satu tim menuju liga 1 futsal Indonesia.

“Tim pra PON ini juga pada seleksi ini juga dilakukan secara profesional hingga Training center selama satu bulan. Ini harus jadi tauladan bagi cabor lain,” kata Nizar.

BK PON Futsal G diketahui diikuti empat provinsi yakni Sulteng, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara. Hanya tim juara yang berhak mendapat satu jatah tiket menuju PON Aceh-Sumut 2024.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?